helo

Popular posts

Welcome

elsa palevi On Saturday, October 6, 2012



  Kegiatan tertawa merupakan salah satu cara yang paling mudah dan simple untuk membuat kita merasa bahagia dan mengurangi stres. Namun orang dewasa diketahui lebih sedikit tertawa daripada anak-anak, berikut penyebabnya:


  Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa seharusnya orang yang sudah dewasa tertawa sebanyak 18 menit setiap harinya. Namun sekarang kenyataan yang ada orang dewasa tertawa tidak lebih dari 6 menit. Kondisi ini jauh lebih sedikit dibanding saat 60 tahun lalu.

  Para peneliti menemukan orang dewasa di Inggris rata-rata tertawa hanya 7,2 kali dalam sehari, sedangkan para ahli menganjurkan agar tertawa sehat dan menyenangkan perlu dilakukan sebanyak 15 kali dalam sehari.

  Sementara itu anak-anak kecil khususnya yang belum sekolah bahkan bisa tertawa sekitar 350 kali dalam sehari. Namun sebanyak 66 persen orang dewasa yang disurvei mengaku dirinya sudah lebih sulit untuk tertawa dan merasa bahagia dalam hidupnya.

  Diketahui ada beberapa hal yang membuat orang merasa lebih sulit untuk tertawa yaitu adanya masalah keuangan, tekanan dari pekerjaan, adanya masalah pada komitmen keluarga dan kondisi lingkungannya bisa mencegah mereka untuk tertawa.

  "Tertawa adalah perilaku penting dari seseorang karena menyenangkan, membuat orang bahagia dan membawa banyak manfaat. Kita harus lebih sering tertawa," ujar psikolog Anjula Mutanda, seperti dikutip dari, Sabtu (6/10/2012).

  Hal ini karena ketika tertawa kadar hormon endokrin di tubuh akan meningkat sehingga dapat mengurangi beban rasa stres dan memperkuat sistem kekebalan dalam tubuh. Diketahui hormon stres akan berkurang selama tertawa sehingga memungkinkan sel-sel kekebalan tubuh berfungsi lebih baik. Efek yang dirasakan ini bisa bertahan hingga 24 jam.

  Selain itu tertawa juga mampu memperlancar pertukaran oksigen dengan karbondioksida sehingga membantu membersihkan saluran udara, serta membuat otot dan sendi terasa lebih rileks setelah tegang akibat tekanan pekerjaan.



Terimkasih dan semoga bermanfaat :)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments