helo

Popular posts

Welcome

elsa palevi On Monday, January 14, 2013

hai reader, pada kesempatan kali ini aku mau share tentang materi pelajaran bahasa inggris ku kelas IX SMP. :)

Dalam Bahasa Inggris terdapat macam-macam jenis teks, berikut adalah beberapa jenis teks beserta penjelasan sederhana dari teks tersebut yang telah aku diketahui dan pahami.

NARRATIVE
Teks Narative adalah teks yang bercerita mengikuti alur waktu. Tujuan dari mempelajari teks ini adalah untuk menenangkan hati dan menghibur penonton atau pembaca. Teks narrative ini biasanya berupa cerita rakyat atau dongeng.


Teks Narrative dapat berupa:

  • Myth: Cerita tradisional yang menceritakan asal usul suatu tempat, dunia, ataupun orang. Cerita ini dianggap cerita keramat di masa lampau.
  • Legend: Cerita yang dianggap nyata terutama tentang peristiwa di masa lampau dan mungkin menonjolkan petunjuk-petunjuk keagamaan.
  • Folklate: Cerita yang dianggap sebagai fiksi, dapat berupa cerita khayal yang terjadi pada suatu waktu serta menonjolkan karakter. contoh: cerita Putri Salju dan 7 Kurcaci, cerita Putri Tidur, Bawang Merah Bawang Putih, dsb
  • Folkore: kumpulan cerita-cerita khayal tentang manusia atau binatang. Cerita ini meliputi myth dan legend.
Struktur Teks:

* Orientation : Pengenalan latar, tokoh, karakter, waktu, dan tempat.
* Complication : Pengembangan konflik, masalah yang muncul
* Resolution : Penyelesaian konflik, bagaimana masalah dapat terpecahkan


PROCEDURE
Teks Prosedure adalah teks yang menjelaskan dengan jelas cara membuat atau melakukan sesuatu. Teks ini biasannya menggunakan kata sambung temporal, seperti first, second, next, then, dst.

Struktur Teks:
  • Goal/Aim: Tujuan teks
  • Materials/Tools: Bahan/Alat yang dibutuhkan dalam melakukan proses.
  • Steps/Methods: Langkah atau tahapan dalam proses tersebut.
Kalimat yang digunakan adalah present tense.


DESCRIPTIVE
Teks Descriptive adalah teks yang menggambarkan seseorang, benda atau tempat tertentu sehingga pembaca dapat membayangkan seolah-olah yang diceritakan itu benar-benar nyata.


Struktur Teks:
* Identification / Pengenalan: ciri-ciri seseorang, suatu benda atau tempat tertentu yang akan dideskripsikan.
* Description / Deskripsi: menggambarkan ciri-ciri seseorang, benda atau tempat tersebut, misalnya bentuk, ukuran, warna, asal, kegemaran dan ciri khusus lainnya.


Kalimat yang digunakan adalah present tense.



REPORT
Teks Report memiliki kemiripan dengan teks deskriptif, teks report memberikan gambaran umum tentang sesuatu tidak mendetail seperti pada teks Deskriptif.
Tujuan Komunikatif: Menyampaikan informasi tentang sesuatu, apa adanya, sebagai hasil pengamatan sistematis atau analisis.


Stuktur Teks :
* General Classification : (klasifikasi umum, yaitu menggolongkan atau menentukan secara umum termasuk kepada golongan mana.
* Description : yaitu uraian deskripsi atau gambarannya bagia-bagian yang umum ada padanya, derajatnya, dam sifat-sifatnya. Biasanya berupa uraian umum.

Kalimat yang digunakan adalah present tense.




RECOUNT
Teks Recount adalah teks yang menceritakan kembali kejadian yang telah terjadi berurutan dengan menggunakan keterangan waktu yang jelas pada masa lampau Yang tujuannya untuk memberi informasi

Struktur teks :
* Orientation : Pendahuluan yaitu memberikan informasi orang atau benda yang melakukan atau yang terlibat di dalamnya, serta waktu, tempat, situasi, dan lain-lain;
* Event 1, Even 2… : Rangkaian peristiwa yang terjadi, yang biasanya disampaikan secara urut.
* Re-orientation : Kesimpulan dari rangkaian peristiwa yang terjadi. Reorientation tidak selalu ada pada teks recount.


Kalimat yang digunakan adalah past tense.



Semoga bermanfaat untuk belajar kawan, seneng bisa bagi-bagi ilmu ;)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments